Bupati Adirozal Hadiri Sosialisasi dan Penyuluhan Program PTSL 2020

Jambireview.com, Kerinci – Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal, M.Si, menghadiri acara Sosialisasi dan Penyuluhan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Kerinci Tahun 2020, di Gedung Serbaguna 4 Desa Koto Majidin, Rabu (11/3/2020).

Selain Bupati, acara ini juga dihadiri oleh Kepala BPN Kerinci, Unsur Forkompimda, Asisten, Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa serta tokoh masyarakat.

Kepala BPN Kabupaten Kerinci Taufik mengungkapkan, bahwa saat ini BPN Kabupaten Kerinci tengah gencar mensosialisasikan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di seluruh wilayah kerja Kabupaten Kerinci. Pada tahun ini terdapat 9.000 bidang tanah yang akan diukur atau dipetakan dan sekitar 7.200 yang akan disertifikatkan.

“Saat ini kita terus memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa pembuatan sertifikat gratis yang masuk dalam program pemerintah pusat ini bisa berjalan dengan baik,” ungkap Taufik.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Adirozal mengatakan, maanfaat PTSL bagi masyarakat yakni, status kepemilikan lahan menjadi jelas melalui sertifikasi tanah yang berkekuatan hukum yang kuat dan bisa meningkatkan nilai ekonomi masyarakat, karena tanahnya bisa dimanfaatkan untuk tempat usaha dan lainnya.

“Masyarakat diminta menunjukkan batas-batas tanah yang dimiliki saat pengukuran, dan harus hati-hati dengan batas tanah sebelah menyebelah, agar tidak ada masalah di kemudian hari. Kepada seluruh kepala desa dan camat untuk dapat membantu pertanahan dalam melakukan pengukuran,” kata Adirozal.

Bupati dua periode ini juga mengingatkan, kepada Kepala desa dan camat serta pejabat lainnya tidak boleh bermain-main dalam program PTSL, karena ini merupakan program nasional untuk membantu masyarakat.

“Biaya untuk mengikuti program PTSL sekitar Rp. 200 ribu tidak boleh lebih, jangan memungut biaya diatas ketentuan yang ada. Apabila terjadi tanggung resiko sendiri,” tegas Bupati. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *